Minggu, 10 Juni 2012

Ragam

Bupati Terima Tim Penilai Lomba Tingkat Prov Jabar 2012


WANTARA, Karawang
      “Dibutuhkan motivasi dan gerakan pendidikan masyarakat berbasis pengembangan prakarsa, swadaya, gotong-royong guna memicu peran aktif masyarakat. Dan keberhasilan pembangunan pedesaan akan mudah terealisasi apabila didukung oleh seluruh elemen masyarakat”. 
    Demikian Bupati Karawang, H. Ade Swara, dalam sambutan selamat datang pada acara penerimaan Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Propinsi Jawa Barat (Prov Jabar) Tahun 2012, bertempat di Halaman Kantor Desa Pusaka Jaya Utara, Kecamatan Cilebar, Senin (28/5) lalu.
   Bupati juga mengatakan, pelaksanaan lomba desa mempunyai berbagai macam keuntungan, yaitu; mengetahui berbagai macam kekurangan yang ditemui di lapangan serta sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai.
     Lebih lanjut Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Karawang, selama ini telah melakukan berbagai upaya guna meningkatkan pembangunan masyarakat desa yang dapat menunjang akselerasi pencapaian target meliputi;  pembangunan pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, pemerintahan, keagamaan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan,  serta pemberdayaan dan kesejahteraan keluarg
     Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan LC,  dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Jawa Barat, Ir. Bambang Sugianto menyampaikan, tujuan diadakannya lomba desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong-royong.
     Selain itu, kegiatan lomba desa ini juga merupakan perubahan paradigma dari membangun desa kepada desa membangun. Dimana, paradigma desa membangun adalah mendorong peningkatan sumber daya manusia  dan sumber daya alam  untuk membangun desanya secara swadaya, sedangkan pemerintah berfungsi mengarahkan. Penilaian lomba desa lebih dititik beratkan pada kinerja aparat dan masyarakat dalam membangun desa.
      Lebih lanjut Bambang Sugianto mengatakan,  “kami sangat apresiatif atas sambutan pelaksanaan ini dan kami menghimbau kepada kades beserta jajarannya, juga semua masyarakat agar dipersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan pembangunan secara komprehensif. Desa Pusaka Jaya Utara, ini akan mendapatkan bantuan desa peradaban dari Pemprov Jabar, senilai Rp.1 miliar”.
      Tim Penilai lomba desa dan kelurahan terdiri dari unsur Dinas Pendidikan Prov Jabar, PKK dan BPMD Propinsi Jabar. Adapun unsur yang dinilai dalam lomba desa dan kelurahan ini adalah pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, PKK, ekonomi kerakyatan, keamanan dan trantib, serta produk unggulan desa/kelurahan.
      Dalam kesempatan itu disampaikan ekspose dari Kepala Desa Pusaka Jaya Utara, Warman. Sementara ekspose dari PKK Kec. Cilebar dan Lembaga Pengembangan Masyarat  oleh H. Ijang Aliman.
     Bupati, Ketua TP PKK Karawang dan rombongan  beserta Tim Penilai meninjau beberapa kegiatan masyarakat desa serta melihat rumah sehat.  Bupati beserta istri berharap Desa Pusaka Jaya Utara, ini menjadi yang terbaik dan mampu mewakili Prov. Jabar, di tingkat nasional, serta mampu mengharumkan nama Karawang.(R. Imam S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar