Minggu, 10 Juni 2012

Daerah


 Apel Peringati Kitnas Ke 104 Tahun Tingkat  Subang

WANTARA, Subang

     Untuk menjaga konsistensi dan kesinambungan nilai-nilai kebangsaan yang telah dirintis para pendahulu, sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, harus tetap ingat makna hakiki nilai-nilai kebangsaan.
     “Secara khusus hal ini sangat penting dalam menyikapi dan menghadapi era perubahan dan kemajuan yang terjadi dewasa ini, dan yang akan terus menerus terjadi di masa-masa mendatang,” kata Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Kav Teguh Prayitno saat membacakan Sambutan Mentri Komunikasi dan Informatika (Meniominfo), Tifatul Sembiring dan bertindak Inspektur Upacara Memperingati Hari kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 104 tahun tingkat Kabupaten (Kab) Subang tahun 2012 di halaman Kantor Bupati Subang, Senin pagi (21/5).
      Selanjutnya Menkominfo dalam sambutannya menyampaikan sejalan dengan waktu wajah dan corak ke-Indonesian-kita pun tentunya telah banyak mengalami perubahan dan perkembangan. Demikian halnya, nilai-nilai kebangsaan selama 104 tahun telah mengalami pasang surut, seiring perubahan jaman dan tuntutan masyarakat itu sendiri.
      Perubahan dan tuntutan ini pasti akan menyatu dalam proses perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Kita sama-sama mengalami dan merasakan betapa perjalanan bangsa Indonesia yang telah berkali-kali mendapatkan gangguan, tantangan, hambatan dan bahkan ancaman dari dalam maupun dari luar negeri.
         Semangat dan jiwa kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh bangsa Indonesia dewasa ini menjadi pusat dan pusaran serta proses kebangkitan bangsa-bangsa regional se-ASEAN, bangsa-bangsa Asia-Pasifik, dan bahkan bangsa-bangsa dunia.
     Masalah-masalah perkembangan sosial budaya, pertumbuhan ekonomi, serta masalah pertahanan dan keamanan, menjadi fokus bahasan, dimana Indonesia telah mampu dan berhasil menjadi tuan rumah bagi kemaslahatan bangsa-bangsa kawasan regional ASEAN dan Asia-Pasifik, yang diharapkan dapat diwujudkan pada tahun 2015 mendatang.
       “Mudah-mudahan semangat kebangkitan nasional yang telah dirintis oleh para pendahulu kita, yang kita peringati pada tahun 2012 ini, tetap dan terus menjadi obor penerang dan pencerah bagi langkah anak bangsa menjaga dan mengembangkan konstruksi nasionalisme yang bercirikan ke-Indonesia-an sejati,” ujarnya lagi
Konstruksi nasionalisme yang berkarakter sebagai bangsa yang bermoral (relegius), karakter sebagai bangsa yang beradab, karakter sebagai bangsa yang bersatu, bangsa yang berdaya, dan karakter bangsa yang berpartisipasi, bagi kejayaan bangsa dan Negara Indonesia.
       Kebangkitan yang telah dirasakan selama 100 tahun lebih sudah selayaknya dimanfaatkan untuk pembangunan bangsa. Bila dahulu semangat nasionalisme yang didengungkan untuk memiliki negara merdeka berdaulat, maka di masa kemerdekaan semangat nasionalisme digunakan untuk pembangunan sesuai keinginan dan kemampuan yang dimiliki.
     Apel Harkitnas dihadiri oleh seluruh Unsur Muspida Kab. Subang dan Kepala Dinas dan Instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Kab. Subang.
      Pada Upacara Peringatan Hari kebangkitan Nasional ke 104 tingkat Kab. Subang bertindak sebagai Inspektur upacara ialah Komandan Kodim 0605/Subang dan bertindak sebagai Komandan Upacara ialah Kapten Aula Fajar Komandan Koramil Kalijati Subang.
Pada kesempatan tersebut diserahkan piagam penghargaan kepada 
      Tim Paduan SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang atas dedikasinya sebagai paduan suara pada periode 2011 - 2012. Penyerahan dilakukan oleh Asisten Tata Praja, H. Saad Abdul Gani, SH, M.Si. (Lorent H/Maman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar