Minggu, 24 Juni 2012


Bupati Ade Swara Lepas KNM  Unsika

WANTARA, Karawang
Sebagai salah satu wujud kerjasama antara pemerintah dengan institusi pendidikan serta masyarakat, Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), dalam melaksanakan Kuliah Nyata Mahasiswa (KNM) Tahun Akademik 2012 dengan sasaran meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kabupaten (Kab) Karawang.
 Pelepasan mahasiswa peserta KNM secara langsung oleh Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara,MH di Plaza Pemda Karawang, Senin (18/6). Melalui KNM tersebut, para mahasiswa Unsika akan ikut serta dalam upaya meningkatkan kualitas SDM melalui program Pendidikan Anak Usia Dini, Revitalisasi Posyandu/Desa Siaga, dan Ekonomi Kerakyatan/Kelompok Usaha Bersama.
Selain itu, KNM Unsika juga memiliki program kerja pendukung berupa penjabaran keahlian disiplin keilmuan dari masing-masing mahasiswa. Namun demikian, program kerja pendukung tersebut tetap mengarah kepada tercapainya program kerja utama.
Dalam Laporannya Rektor Unsika H. Harun Firdaus, Msc, melaporkan bahwa Total sebanyak 1.466 mahasiswa akan melaksanakan kegiatan tersebut, jumlah tersebut naik 3 kali lipat dari tahun sebelumnya, peningkatan tersebut mengingat sekarang sekitar 750 orang dari program keguruan jurusan matematika yang akan diterjunkan menginguti KNM. 
Mereka akan ditempatkan di 83 desa di 11 kecamatan, bekerja sama dengan semua fihak dan  Pemprov Jawa Barat, guna memberikan sosialisasi Prioritas Program Jawa Barat, dan program prioritas pembangunan di Karawang,  Ucapnya. 
Dalam Laporan terpisah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga H. Agus Supriatman,M.Pd mengatakan, Hasil Ujian Nasional di Kabupaten Karawang, berjalan sukses, aman dan tertib serta tidak ada masalah sedikit pun dan Alhamdullah di Karawang, dari tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA semuanya lulus 100 persen.
Agus menambahkan, Kab. Karawang mendapatkan prestasi di tingkat Jawa Barat, masuk 10 besar yakni peringkat ke 2, pada kesempatan ini pula Pemkab. Karawang, memberikan penghargaan kepada siswa dan guru serta kepala sekolah yang berprestasi.
  Bupati Ade Swara dalam sambutanya mengatakan,  kegiatan KNM UNSIKA, selain merupakan salah satu metode pendidikan pada perguruan tinggi dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam perkuliahan, juga merupakan bentuk interaksi dengan lingkungan masyarakat, seperti memberikan penyuluhan meliputi : program umum seperti pembentukan Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) sedangkan program khusus seperti kegiatan yang bersifat fakultatif sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing program studi. 
Semua ini menurut Bupati merupakan bekal yang sangat berharga dan akan mendorong para mahasiswa, baik dalam menyelesaikan study maupun dalam mempersiapkan diri secara matang dan dewasa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, khususnya teori-teori dan ilmu pengetahuan yang diperoleh dalam kampus untuk dipraktekan di masyarakat, dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kualitas diri pribadi masing-masing, sehingga bila saatnya nanti harus terjun ketengah-tengah masyarakat para Mahasiswa sudah memiliki kepekaan sosial yang tinggi, ucapnya.
Bupati dalam kesempatan yang sama mengapresiasikan kepada siswa dan guru serta kepala sekolah yang telah berprestasi berarti dunia pendidikan di Karawang, secara kualitas terus meningkat.
 Usai upacara Bupati Karawang H. Ade Swara, didampingi Kadisdikpora H. Agus Supriatman, Rektor Unsika H. Harun Firdaus memberikan Piagam penghargaan kepada siswa/siswi yang menduduki rangking Pertama yakni : Athaya Luthfi dari SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyah dengan Nilai Akhir 29.20, Nisrina Nurfitriah dari SMPN 1 Cikampek, dengan Nilai Akhir 38.50, Sarah Amadea Rahardja dari SMA Yos Sudarso dengan Nilai Akhir 55.40 dan Gunawan Muhamad dari SMKN 1 Karawang, dengan Nilai Akhir 36.20. (Omega Chandra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar