Sabtu, 09 Juni 2012

Daerah


Penututpan BSMSS Di Desa Barugbug Karawang

Ade Swara : Lestarikan Kemanunggalan TNI - Rakyat Secara Berkelanjutan 


 WANTARA, Karawang
”Dengan berakhirnya Bhakti Siliwangi  ini bukan berarti selesai pula kegiatan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan pedesaan. Tapi, harus tetap dilestarikan jalinan kemanunggalan TNI dengan rakyat secara berkelanjutan yang pada gilirannya dapat mendorong minat dan hasrat masyarakat untuk bergotong royong membangun desanya masing-masing,” tutur Bupati Karawang, Drs. H. Ade Swara, MH, dalam sambutannya pada acara penutupan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS), di Desa Barugbug, Kecamatan, Jatisari, Selasa (5/6) lalu.
Bupati juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada segenap anggota TNI yang telah berhasil menyelesaikan berbagai kegiatan pembangunan fisik, seperti pengaspalan jalan, penyirtuan jalan desa, perbaikan rumah-rumah penduduk dan pembuatan MCK.
Lebih lanjut Bupati H. Ade Swara   mengharapkan, agar kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan sosialisasi menghasilkan perubahan sikap,   mental dan pemahaman masyarakat terhadap program-program pembangunan terutama pembangunan pendidikan, kesehatan dan Ekonomi kerakyatan.
Dikatakannya, telah manjadi komitmen TNI, khususnya di lingkup Kodam III Siliwangi, bahwa Program Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa mengemban misi sosial dalam konteks pembangunan nasional, kegiatan BSMSS senantiasa berorientasi pada upaya mengatasi kesulitan masyarakat, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengoptimalkan pemberdayaan segenap potensi sumberdaya manusia, khususnya dalam menumbuhkan sikap kemandirian, rasa peduli serta tanggung jawab terhadap diri sendiri, keluarga dan lingkungan di sekitarnya.
Ditambahkan Bupati, tujuan kegiatan memberikan motivasi kepada masyarakat pedesaan. Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumberdaya yang dimiliki, yang pada gilirannya akan berdampak positif bagi proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya secara swakarsa dan swadaya.
“Saya yakin dan percaya, target kemandirian bisa diraih seluruh warga masyarakat desa. Karena sesungguhnya potensi itu telah dimiliki. Sebagaimana yang telah ditunjukkan selama dilaksanakannya program BSMSS ini,  dengan kesadaran tinggi bergotong royong bersama-sama prajurit TNI menyelesaikan berbagai kegiatan. Saya menghimbau segala hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini khususnya yang bersifat fisik hendaknya dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin tanpa mengabaikan unsur pemeliharaannya. Selain itu, hasil bhakti siliwangi manunggal satatasariksa  hendaknya tindaklanjuti  bahkan ditingkatkan melalui program atau pun kegiatan lain.  Karena hakikat  kegiatan ini hanya pemicu tumbuhkembangnya motivasi masyarakat untuk mau dan mampu memberdayakan diri  dan lingkungannya, sebagaimana tujuan kegiatan ini,” Ujarnya.
 Kepala BPMPD Saridin Sinabang, melaporkan hasil kegiatan tersebut , yakni : Pengerasan Jalan 750x3 Meter,  Plesterisasi Rumah KS 15 Unit Rumah, Jambanisasi Keluarga 50 Unit, Pos Siskamling 2 Unit, Pengecoran Jalan Lingkungan di 2 dusun sepanjang 350x2x12cm, dan 320x2x12cm, Jembatan/Gorong-gorong 6x0.80M. Semuanya itu telah selesai 100 persen.
Usai penutupan, Bupati Karawang, Dandim 06/04, Sekda  bersama Pejabat terkait meninjau Lokasi hasil BSMSS.(R. Imam S)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar