Selasa, 10 Juli 2012


Diklat Penguatan Program EDS – MSPD Pengawas 2012


WANTARA, Medan
Diklat  penguatan program EDS-MSPD bagi pengawas selesai dilaksanakan pada Jum’at 15 – 17 Juni lalu, bertempat di Hotel Dharma Deli, Medan. Para peserta yang hadir umumnya kepala sekolah, guru dari 34 kabupaten - kota se-Provinsi Sumatera Utara (Prov. Sumut).
 Dalam laporan panitia penyelenggara mengatakan, kegiatan tersebut berdasarkan kepada Permindiknas, Instruksi Presiden RI tentang upaya peningkatan mutu pendidikan secara baik sesui konsep pendidikan.
“Yang mengarah kepada mutu pendidikan hendaknya dijalankan dan dilaksanakan terus menerus. Tujuan umum kegiatan mempersiapkan fasilitator atau pendamping yang bertugas mendampingi  EDS-MSPD di tempatnya masing-masing. Tujuan khususnya, tiap-tiap peserta mampuh memahami pendidikan itu, dan mampuh menyusun program kerjanya,” tutur Huzthazar Harahap.
Sementara Drs.H.Bambang Winarji M.Pd, selaku Kepala LFMP Dinas Pendidikan Prov. Sumut, yang membuka acara diklat dalam bimbingan dan arahannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari evacity building EDS-MSPD di tingkat nasional.
Semangat dari kegiatan ini mendorong budaya dan mutu pendidikan secara bertahap dengan menggunakan instrument EDS-MSPD yang merupakan lanjutan dalam sistem penyempurnaan mutu pendidikan (SPMP) dan pengisiannya di lakukan oleh Tim pengembangan sekolah (TPS) terdiri dari kepsek, perwakilan guru, komite sekolah, orangtua siswa, wakil masyarakat.
Selanjutnya hasil EDS perlu diverifikasi pengurus sehingga diperoleh potret mutu satuan pendidikan yang sesungguhnya dan dipakai sebagai basis penyusunan rencana pengembangan sekolah (RPS).
Hasil EDS dari beberapa sekolah oleh pengawas diagregasi dan diperlukan Dinas Pemkab/Kota melalui MSPD, dipakai sebagai basis perumusan penyusunan peningkatn mutu pendidikan di tingkat kabupaten - kota se-Sumatera Utara. Adapun jumlah peserta yang hadir mencapai ribuan orang.(gabe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar