Sabtu, 09 Juni 2012

Daerah


Sekilas Strategi Mewujudkan Visi SMPN 1 Simangumban


WANTARA, Pahae
SMP Negeri 1 Simangumban, berdiri sejak tahun 1982 terletak di Jalan Sipirok-Simangumban.  Alumnus sekolah ini di berbagai daerah  Indonesia ditemukan banyak yang berhasil dan sukses. Mereka tersebut berada di instansi pemerintah dan swasta.
          Pada November 2011 lalu,  Bereghman S.A Pane, S.Pd diangkat menjadi Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Simangumban. Sebelumnya dia guru di SMK Negeri 1 Pahae Julu, di usia yang masih tergolong muda sudah mengantongi ragam pengalaman.
Geliat karier dan prestasi  baik padanya sudah terlihat sejak masih status CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) Tahun 2002. Ia ditempatkan di SMP Negeri 3 Parmonangan.  Kemudian pindah ke SMK Negeri 1 Pahae Julu.
Selama mengajar di SMK Negeri 1 Pahae Julu. Sejumlah prestasi telah diraihnya,  yaitu; Juara 2 lomba guru berprestasi tingkat SMA/SMK tahun 2010. Juara 2 lomba yang sama pada tahun 2011. Lolos seleksi kepala sekolah April 2011. Lulus sertipikasi guru tahun 2008.
Selain prestasi pribadi, para anak didiknya pun mengikuti jejak prestasinya.  Siswa/i bimbingannya pada 2009 meraih juara 3 lomba cerdas tangkas tingkat sekolah dan 2011 sebagai juara lomba cerdas cermat tingkat SMK Se-Tapanuli Utara. Kini para anak didiknya tersebut kuliah di Universitas Sumatera Utara. Disebutkan, visinya di SMPN 1 Simangumban, adalah; Menciptakan Siswa/i SMP Negeri 1 Simangumban, Beriman, Terdidik, dan Berbudaya.
          Dalam mewujudkan visi tersebut kepala sekolah melibatkan seluruh stake holder termasuk dewan guru, komite sekolah, tokoh masyarakat dan pemerintah. Pada kegiatan setiap harinya dibuat jadwal apel pagi dan siang setelah selesai proses belajar mengajar.
          Setiap Senin diadakan upacara penaikan bendera dengan petugas upacara dari siswa serta dibuatkan  roster. Sementara pada Selasa diadakan sekilas info. Pada kegiatan ini,  siswa yang sudah dibuatkan rosternya kemudian menceritakan berita tentang liputan media, baik cetak dan  elektronik.Sementara siswa/i yang lain menyimak dan mendengarkan.
           Kegitan ini dipandu oleh guru bahasa Indonesia. Pada Rabu dibuat English Day.  Kegiatan ini, siswa/i dibuat jadwal berbicara di depan barisan berbahasa Inggris, dipandu  guru bahasa Inggris. Hal ini untuk melatih siswa/i berbicara bahasa Inggris.  Pada Kamis diadakan kegiatan bina mental melibatkan tokoh agama (Pendeta dan Ustadz) untuk berceramah membina mental mereka. Jumat diadakan kegiatan senam kesehatan jasmani  dipandu guru olahraga. Pada Sabtu selama 30 menit usai apel dilakukan kebersihan lingkungan kelas dan  ruang belajar dipandu wali kelas.
          Proses belajar dan mengajar di sekolah ini saban hari berjalan dengan lancer tanpa ada hambatan yang berarti. Di sekolah ini juga diterapkan pada  setiap selesai reses, siswa/i berbaris di depan lokal masing-masing kemudian  guru memperhatikan soal kerapian para murid sebelum masuk ke dalam lokal. Disebutkan, dalam mewujudkan visinya Kepala Sekolah bekerja sama dengan segenap staf dan dewan guru SMP Negeri 1 Simangumban. (Janti Siregar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar