Rabu, 28 Maret 2012

Politik Dan Pemerintahan Edisi 9 Tahun I/ 2 Maret - 09 April 2012


APEL HARI KESADARAN NASIONAL DIPADUKAN DENGAN PELANTIKAN PENGURUS LEMBAGA LANJUT USIA INDONESIA (LLI) KABUPATEN KARAWANG MASA BHAKTI 2011-2015

 





>>>>>> R. Imam Safrudin
WNKarawang-Pada saat  Upacara Hari Kesadaran Nasional, Bupati Karawang H. Ade Swara mengingatkan kembali bahwa pelaksanaan upacara ini merupakan implementasi dari surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia, nomor : SE/12/M.PAN/4/2004, tentang penyelenggaraan upacara pengibaran bendera merah putih, serta merupakan penjabaran dari keputusan Menpan Republik Indonesia nomor : 25/kep/M.PAN/4/2002, tentang pedoman pengembangan budaya kerja aparatur negara.  oleh karena itu, sejalan dengan misi keempat pembangunan kabupaten karawang yakni “ Meningkatkan Kualitas Tata Kelola Pemerintahan” saya tekankan agar pelaksanaan apel ini tidak hanya sekedar rutinitas berulang, akan tetapi  hendaknya memberikan dampak positif terhadap peningkatan etos kerja aparatur Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang melalui penerapan budaya kerja dimaksud, demikian dikatakan Bupati Karawang H. Ade Swara, saat menjadi Pembina upacara Hari Kesadaran Nasional yang di padukan dengan Pelantikan Pengurus LLI Karawang 2011-2015, di Plaza Pemkab Karawang, Senin (19/3).
Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa harus kita sadari bersama, bahwa apel hari kesadaran nasional dan penetapan misi ke-4 pembangunan kabupaten karawang tersebut di atas, semata-mata adalah demi terwujudnya suatu pemerintahan yang bersih dan berwibawa sehingga dapat melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan serta pelayanan kepada masyarakat secara optimal.  terlebih sampai saat ini kita masih dihadapkan pada suatu dilema, yakni disatu sisi secara kuantitatif jumlah PNS telah mencukupi bahkan berlebih, namun secara kualitatif dirasakan masih kekurangan. dalam bahasa ilmiah, kondisi ini dikatakan “overstaff dalam kondisi understaff”. apabila dicermati, kualitas aparatur yang masih kurang ini sesungguhnya terjadi pada aspek kompetensi tertentu yang tidak dapat diisi oleh PNS yang ada. sehubungan dengan hal tersebut dan dalam upaya mencapai kondisi ideal suatu organisasi pemerintahan dalam memberikan pelayanan prima, diperlukan profesionalisme, peningkatan disiplin serta peningkatan kapasitas moral dan intelektual aparatur pemerintah daerah. hal itu diperlukan untuk meningkatkan kinerja dan menciptakan daya saing pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan publik serta merupakan komitmen dan kebutuhan yang tidak bisa ditawar lagi untuk segera diwujudkan. itulah antara lain makna yang terkandung dalam setiap pelaksaan apel hari kesadaran nasional ini, yang tentunya harus kita laksanakan dengan sebaik-baiknya. Ungkapnya.
Selanjutnya, berkenaan dengan Pelantikan Pengurus Lembaga Lanjut usia Indonesia Kabupaten Karawang ini, atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Daerah,  saya mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran pengurus baru yang pagi ini dilantik, disertai harapan melalui kepengurusan baru ini, hendaknya dapat dijadikan sebagai suatu tahapan untuk lebih mencurahkan perhatian, menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif demi meningkatnya kualitas lansia secara berkesinambungan, serta senantiasa mengupayakan kemandirian para lansia agar kehidupannya menjadi produktif dan berguna bagi diri sendiri, keluarga, kelompok dan masyarakat,sebagaimana yang telah tertuang dalam visi lembaga lanjut usia indonesia (LLI) yakni “ Terwujudnya Lansia yang berkualitas, mandiri dan berdaya guna dengan upaya masyarakat dan pemerintah melalui lembaga yang efektif dan efisien”. namun hal yang lebih penting adalah perhatian kita terhadap kesejahteraan para lanjut usia, dimana sejalan dengan Undang-Undang nomor 11 tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial yang menegaskan bahwa upaya peningkatan kesejahteraan sosial lanjut usia pada hakikatnya merupakan pelestarian nilai-nilai keagamaan dan budaya bangsa, yang meliputi tata kehidupan dan penghidupan sosial baik material maupun spiritual yang diliputi oleh rasa keselamatan, kesusilaan, dan ketentraman lahir batin yang memungkinkan bagi setiap warga negara untuk mengadakan pemenuhan kebutuhan jasmani, rohani, dan sosial yang sebaik-baiknya bagi diri, keluarga, serta masyarakat dengan menjunjung tinggi hak dan kewajiban azasi manusia sesuai dengan Pancasila.
Selain itu, saya menghimbau agar kematangan berfikir, kearifan dan kebijakan para lansia dalam menghadapi dan menyelesaikan berbagai persoalan maupun permasalahan yang datang silih berganti, dapat dijadikan contoh, teladan serta pelajaran yang sangat berharga khususnya oleh para generasi muda dalam menentukan langkah ke depan guna menjalani dinamika kehidupan ini. Pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar