Minggu, 24 Juni 2012


Inonesia Tuan Rumah Pameran Filateli Dunia 2012

WANTARA, Jakarta
            Dalam sejarahnya perkumpulan filatelis Indonesia, merupakan organisasi resmi para kolektor benda-benda filateli di Indonesia. Pada zaman kolonial Belanda, perkumpulan ini dinamai “Postzegelverzamelaavs Club (PCB)”. Dinas pos Hindia Belanda, berperan besar membantu perkembangan kegiatan filateli dengan menerbitkan berbagai perangko bergambar menarik dan bertema yang apik dengan cap pos khusus.
          Pada 15 Agustus 1940 dibentuk organisasi filateli yang dinamakan “Nederlandsch Indischivereenigingn Postzegel Verzamelaar”. Setelah proklamasi nama perkumpulan diubah menjadi “Algemene Vereeniging Voor Philatelisten”.  Pada 1953 diubah lagi menjadi Perkumpulan Umum Philatelis Indonesia. Tahun 1965 menjadi Perkumpulan Philatlis Indonesia dan akhirnya pada 1985 dikukuhkan dengan nama Perkumpulan Filatelis Indonesia.
          Organisasi ini bukan organisasi politik melainkan organisasi hobi yang berskala nasional, tidak mencari keuntungan dan terbuka untuk seluruh Indonesia, tanpa membedakan suku, agama, dan budaya, serta sarat dengan unsur-unsur pendidikan.
          Perkumpulan Filatelis Indonesia, akan menjadi tuan rumah pameran filateli tingkat dunia 2012.  Pameran ini akan diselenggarakan selama 7 hari dari 18 sampai 24 Juni 2012 di Jakarta Convention Center (JCC). Lebih dari 70 negara telah mendaftar  untuk mengikuti ajang prestasi filateli tingkat dunia ini. Pameran  berskala internasional ini akan menampilkan lebih dari 2522 frame/panel  berasal dari 62 negara yang terdiri dari 12 kelas termasuk  koleksi kehormatan  serta 80 stamp dealer dari dalam maupun dari luar negeri.
          Sebanyak 58 peserta dari Indonesia,  akan ambil bagian dalam event  ini dengan jumlah frame sebanyak 234 atau 12 persen  dari jumlah keseluruhan peserta. Pameran  ini  terselenggara  berkat  kerjasama  Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI), Kementrian Komunikasi dan Informatika RI, PT Pos Indonesia Persero, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.
          Pameran  kali  ini  bertema  “ Bringing To The World of Peace Through Stamp” (Jembatan Menuju Dunia Yang Damai melalui Perangko). Tujuannya, untuk meningkatkan persahabatan  antarnegara  di dunia melalui perangko. Merayakan HUT Kota Jakarta, memperingati hari kebangkitan nasional dan ulang tahun Perkumpulan Filatelis Indonesia.  
          Mendidik masyarakat memahami peradaban dunia dan budaya melalui perangko. Membangun tatanan budaya Indonesia, sebagai ajang tukar menukar perangko dan benda filateli lainnya. Menggelar berbagai kegiatan filateli seperti lomba mewarnai perangko, seminar, lokakarya dan lain-lain.
          Kepada masyarakat dan anak didik dihimbau untuk kunjungi dan sukseskan pameran  Filateli Dunia ini dari 18 sampai 24 Juni 2012 di Jakarta Convention Center. (Roselenny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar